Gizi untuk Bangsa 4

IMG_3508

Latar Belakang

Untuk membangun bangsa yang sehat dan berprestasi diperlukan gizi yang optimal. Akan tetapi, masih banyak masalah gizi di Indonesia yang belum terselesaikan, baik gizi kurang maupun gizi lebih sehingga dapat menghambat pembangunan sumber daya manusia. Riskesdas 2007, 2010, 2013 menunjukkan bahwa Indonesia masih memiliki masalah kekurangan gizi. Prevalensi anak balita pendek (stunting) masih berada dikisaran 35%. Cakupan pemberian ASI Eksklusif juga masih rendah (61,5%). Padahal, kekurangan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan berpengaruh terhadap perkembangan fisik dan kognitif serta meningkatkan risiko penyakit kronis pada usia dewasa. Di sisi lain, prevalensi obese (IMT > 27) pada semua kelompok umur cenderung meningkat. Masalah gizi lainnya adalah konsumsi pangan masyarakat yang masih belum sesuai dengan pesan gizi seimbang, diantaranya, masih banyaknya penduduk usia di atas 10 tahun yang kurang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, tingginya konsumsi makanan dan minuman berkadar gula tinggi, garam tinggi dan lemak tinggi, serta rendahnya asupan air pada remaja (Depkes, 2008; Kemenkes, 2010, 2013).

Berdasarkan hal tersebut, diperlukan upaya pemecahan masalah gizi yang nyata. Salah satunya adalah dengan melakukan kajian yang dapat digunakan untuk membantu pelaksanaan program pencegahan dan penanggulangan masalah gizi. Sebagai salah satu institusi yang turut berperan dalam membantu menangani permasalahan gizi di Indonesia, Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat FKM UI setiap tahunnya rutin menyumbangkan hasil penelitian yang diperoleh dari tugas akhir mahasiswa, baik sarjana maupun pasca sarjana. Oleh karena itu, diperlukan adanya diseminasi hasil-hasil penelitian di bidang gizi tersebut agar dapat disebarluaskan dan dimanfaatkan sebagai dasar dalam melakukan penanganan masalah gizi oleh berbagai pihak terkait.

Tujuan dan Manfaat

Tujuan acara ini adalah menyebarluaskan hasil penelitian mahasiswa Gizi FKM UI kepada masyarakat luas sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menjawab berbagai permasalahan gizi.  Selain itu, acara ini menjadi salah satu bentuk konkret peran aktif Departemen Gizi FKM UI dalam memerkaya dan mengembangkan ilmu gizi untuk menanggulangi masalah gizi di Indonesia.

Deskripsi Kegiatan

Nama kegiatan   : Gizi untuk Bangsa Ke-4: Menebar Ilmu, Membangun Negeri

Hari/tanggal        : Rabu-Kamis, 2-3 September 2015

Waktu                 : Pukul  08.00 – 17.00 WIB

Tempat               : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

Kegiatan ini terdiri dari 3 panel seminar gizi yang disampaikan oleh pakar gizi nasional serta diseminasi hasil penelitian mahasiswa Gizi FKM UI Lulusan 2015. Tema penelitian meliputi status gizi lebih, kebugaran, pertumbuhan, penyakit degeneratif, asupan gizi dan pemilihan makanan; citra tubuh; menstruasi, pengetahuan gizi, dan teknologi pangan. Penelitian dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia, yang sebagaian besar berada di wilayah Jabodetabek. Subjek penelitian juga beragam, mulai dari balita, anak sekolah, remaja, dewasa, lansia, atlet, dan ibu menyusui.

Sasaran

Peserta acara ini berjumlah 500 orang yang terdiri dari :

  1. Pemangku kebijakan
  2. Institusi terkait (perusahaan, LSM, sekolah, dan lain-lain)
  3. Peneliti
  4. Mahasiswa
  5. Pemerhati gizi dan kesehatan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s